• Breaking News

    Apakah Manajemen Organisasi, Fungsi, dan Tujuannya

    Galih Gumelar - Apa yang dimaksud dengan manajemen organisasi (organizational management)? Pengertian manajemen organisasi adalah suatu proses perencanaan dan pengorganisasian serta pengendalian terhadap sumber daya sebuah organisasi dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuan organisasi tersebut tentunya bisa bermacam-macam, tergantung organisasi itu sendiri .

    Manajemen organisasi adalah proses perencanaan dan pengorganisasian dan pengendalian sumber daya organisasi dengan tujuan mencapai tujuan organisasi. Tujuan organisasi tentu dapat beragam, tergantung pada organisasi itu sendiri.

    Manajemen organisasi yang akan dibahas di sini berkaitan dengan pengelolaan sumber daya dalam bisnis atau perusahaan.

    Sehingga manajemen organisasi lebih terkait dengan seni untuk mengelola sumber daya manusia perusahaan, dalam hal ini karyawan.

    Dengan adanya manajemen organisasi di dalam perusahaan, diharapkan dapat membentuk kinerja karyawan lebih efektif, terutama dalam hal koordinasi antar departemen atau divisi.

    Definisi manajemen organisasi sebenarnya mengacu pada cara manajer organisasi memimpin dan mengelola sumber daya perusahaan sedemikian rupa sehingga membentuk kerja sama yang efektif dan koordinasi antar tim.

    Dengan adanya manajemen organisasi dalam perusahaan diharapkan dapat membentuk kinerja karyawan yang lebih efektif terutama dalam hal koordinasi antar departemen atau divisi.

    Manajemen Organisasi Menurut Para Ahli
    Pengertian manajemen organisasi sebenarnya mengacu pada cara seorang manajer organisasi untuk memimpin dan mengelola sumber daya perusahaan dengan sedemikian rupa sehingga terbentuk kerjasama dan koordinasi yang efektif antar tim.

    Definisi manajemen organisasi menurut para ahli adalah:

    1. George R. Terry
    Menurut George R. Terry, organizational management adalah aktivitas pere perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating), dan pengawasan (Controlling), dimana semua aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai target organisasi.

    2. Menurut Luther M Gulick
    Menurut Luther M. Gulick, pengertian manajemen organisasi adalah segala hal yang berhubungan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), pelengkapan Tenaga Kerja (Staffing), mengarahkan (Directing), menyelaraskan/ mengkoordinir (Coordinating), melaporkan (Reporting), dan menyusun anggaran (Budgeting).

    3. Henry Fayol
    Menurut Henry Fayol, organizational management adalah aktivitas perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), mengkoordinir (Coordinating), dan mengawasi (Controling), dimana rangkaian aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai goal organisasi.

    4. Menurut Koontz dan O. Donnel
    Menurut Koontz dan O. Donnel, manajemen organisasi adalah semua aktivitas organisasi yang berhubungan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing), mengarahkan (Directing), dan mengawasi (Controlling).

    Secara garis besar definisi manajemen organisasi yang dijelaskan oleh para ahli di atas terlihat sama. Namun, yang berbeda adalah pada pelaksanaannya, sesuai dengan visi dan misi masing-masing organisasi.

    Tujuan Manajemen Organisasi
    Tujuan utama organizational management dalam perusahaan adalah untuk mencapai apa yang diiginkan oleh organisasi tersebut dengan cara seefisien mungkin. Sehingga dalam jangka panjang dapat menjamin profitabilitas perusahaan.

    Manajemen organisasi bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan dalam suatu bisnis atau perusahaan, terutama dalam bisnis yang sedang berkembang. Tanpa adanya manajemen organisasi yang baik bisa menjadi penyebab kemunduran profibilitas perusahaan hingga berujung pada perpecahan secara internal.

    Berikut ini adalah beberapa tujuan manajemen organisasi:

    • Membentuk koordinasi yang baik antar divisi maupun individu
    • Membentuk kinerja sumber daya yang lebih efektif melalui pemberian rasa aman dan kesatuan diantara karyawan
    • Menciptakan suasana lingkungan kerja yang damai dan positif
    • Mendorong karyawan agar bekerja dengan rasa tanggung jawab
    • Mencapai tujuan utama perusahaan dengan cara-cara yang paling efisien melalui pembentukan karakter sumber daya
    • Manajer akan berupaya untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dengan perencanaan dan pengendalian yang tepat di tempat kerja. Dengan hal ini maka anggota dapat menyadari peran dan tanggung jawab masing-masing terhadap perusahaan.



    Fungsi Manajemen Organisasi
    Mengacu dari pengertian organizational management menurut para ahli di atas sebagai upaya untuk mengelola dan mengendalikan sumber daya, maka manajemen organisasi memiliki beberapa fungsi berikut yang harus diterapkan dalam perusahaan:

    1. Fungsi Perencanaan (Planning)
    Manajer akan bertindak untuk merencanakan dan mempersiapkan kegiatan bisnis yang berkaitan dengan sumber daya.

    Ini akan menjadi langkah penting untuk menentukan keputusan seperti apa yang akan diambil di masa depan sehingga dapat menghindari kebingungan. Secara teknis perencanaan bisa dilakukan melalui koordinasi dalam rapat yang membahas terkait rencana kerja dan angarannya.

    2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
    Dalam fungsi ini, manajer diharuskan membuat kebijakan terbaik terkait penggunaan sumber daya. Fungsinya adalah untuk mendapatkan kinerja yang terbaik dari karyawan.

    Sebagai contoh, jika perusahaan memiliki kegiatan tertentu yang berkaitan dengan peningkatan pemasaran maka pemilihan sumber daya untuk kegiatan tersebut harus dipilih dari divisi yang menangani pemasaran.

    3. Fungsi Kepegawaian (Staffing)
    Suatu organisasi harus memiliki management yang baik untuk menciptakan suasana kerja yang sehat di dalam organisasi tersebut. Selain itu, perekrutan anggota yang tepat juga akan memberikan sumbangsih yang besar pada organisasi

    4. Fungsi Pengarahan (Lead)
    Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa seorang manajer berperan untuk mengarahkan anggota tim sesuai target yang jelas. Fungsinya adalah supaya sumber daya bekerja dengan arah yang benar sesuai dengan tujuan perusahaan.

    5. Fungsi Kontrol (Controling)
    Selain itu manajer juga harus berperan sebagai pengendali terhadap setiap kegiatan yang melibatkan sumber daya. Jika terjadi tindakan-tindakan yang bisa merugikan perusahaan yang dilakukan oleh salah seorang maupun tim perusahaan, maka manajer berhak untuk mengambil keputusan terkait hal tersebut.

    6. Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)
    Organisasi yang menerapkan fungsi manajemen waktu yang efektif dapat berkembang dengan cepat dan sehat. Hal ini berkaitan dengan cara kerja pegawai yang tepat waktu dan dengan cara kerja yang benar.

    7. Fungsi Motivasi (Motivation)
    Manajemen perusahaan juga berperan penting dalam memberikan motivasi kepada anggotanya. Dengan adanya motivasi tersebut maka para anggota akan termotivasi untuk bekerja lebih baik.

    Cara memberikan motivasi adalah dengan memberikan penghargaan atas kinerja yang baik dari karyawan, baik itu dalam bentuk remunerasi ataupun dalam bentuk ucapan.

    Fungsi menurut sumber lainnya :

    1. Fungsi Perencanaan (Planning)
    Manajer akan bertindak untuk merencanakan dan menyiapkan kegiatan bisnis yang terkait dengan sumber daya.

    Ini akan menjadi langkah penting untuk menentukan keputusan apa yang akan diambil di masa depan untuk menghindari kebingungan.

    Secara teknis, perencanaan dapat dilakukan melalui koordinasi dalam rapat yang membahas rencana kerja dan anggaran.

    2. Fungsi Pengarahan (Lead)
    Bukanlah hal yang aneh jika seorang manajer memiliki peran dalam mengarahkan anggota tim untuk menjernihkan target. Fungsinya agar sumber daya bekerja di arah yang benar sesuai dengan tujuan perusahaan.

    3. Fungsi Kontrol (Controling)
    Selain itu, manajer juga harus bertindak sebagai pengontrol untuk aktivitas apa pun yang melibatkan sumber daya.

    Jika ada tindakan yang dapat membahayakan perusahaan yang dilakukan oleh satu atau tim perusahaan, maka manajer memiliki hak untuk membuat keputusan mengenai masalah ini.

    4. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
    Dalam fungsi ini, manajer dituntut untuk membuat kebijakan terbaik terkait penggunaan sumber daya. Fungsinya untuk mendapatkan kinerja terbaik dari karyawan.

    Misalnya, jika perusahaan memiliki kegiatan tertentu yang berkaitan dengan peningkatan pemasaran, pemilihan sumber daya untuk kegiatan ini harus dipilih dari divisi yang menangani pemasaran.

    5. Fungsi Motivasi (Motivation)
    Manajemen perusahaan juga memainkan peran penting dalam memberikan motivasi kepada para anggotanya. Dengan motivasi ini, para anggota akan termotivasi untuk bekerja lebih baik.

    Cara untuk memberikan motivasi adalah dengan memberikan penghargaan untuk kinerja karyawan yang baik, baik dalam bentuk remunerasi atau dalam bentuk pidato.

    6. Fungsi Kepegawaian (Staffing)
    Suatu organisasi harus memiliki manajemen yang baik untuk menciptakan suasana kerja yang sehat di dalam organisasi. Selain itu, perekrutan anggota yang tepat juga akan berkontribusi besar bagi organisasi

    7. Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)
    Menerapkan fungsi manajemen waktu yang efektif dapat membuat suatu organisasi berkembang dengan cepat dan sehat. Ini terkait dengan cara karyawan bekerja tepat waktu dan dengan cara kerja yang benar.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Hosting Unlimited Indonesia

    Promo